Belakangan ini, popularitas variety show ‘Running Man’ dari stasiun TV SBS terus meningkat berkat format acara yang unik dan tingkah laku para member tetap ‘’Running Man’ yang selalu berhasil menarik perhatian Netizen.

Bagaimanapun, kesuksesan ‘Running Man’ tidak lepas dari kru produksi di balik layar, terutama para kameramen / VJ. Mereka harus ikut berlari sepanjang hari dengan member-member ‘Running Man’ dan merasakan rasa lelah yang sama, bahkan mungkin lebih.

Salah seorang VJ, Ryu Kwon Ryeol, berhasil menarik banyak perhatian berkat perannya sebagai ‘VJ Yoo Jae Suk’. Ia bahkan sudah memiliki fan base-nya sendiri untuk penampilan singkatnya di beberapa episode. Kwon Ryeol baru-baru ini diinterview oleh Lady Kyunghyang tentang pengalamannya sebagai VJ di hide-and-seek variety show ini. Yuk kita simak liputannya!

Q: Anda menjadi terkenal sebagai “VJ Yoo Jae Suk”. Mengingat biasanya berada di belakang kamera, Anda pasti belum terbiasa dengan perhatian seperti ini.

A: Di ‘Running Man’, ada banyak VJ yang terlibat dalam acara dan permainannya. Setelah beberapa kali tertangkap kamera, beberapa orang mulai mengenaliku saat Aku pergi keluar. Pada awalnya, Aku merasa malu dan tidak tahu harus bereaksi apa. Aku juga menjadi berhati-hati tanpa alasan. Ada banyak tambahan friend requests dan follower twitter juga. Dalam kasusku, banyak orang lebih mengingat namaku dibandingkan wajahku. Pernah suatu ketika Aku pergi ke taman hiburan dan pegawai yang memeriksa IDku bertanya, “Bukankah kamu orang yang menjadi VJ di ‘Running Man’?

Q: Kelihatannya para VJ harus mendokumentasikan tiap aktivitas dari member ‘Running Man’. Bagaimana sistem pemasangan VJ dan para member?

A: Saat Aku pertama mulai, Aku bertanggung jawab untuk memfilmkan HaHa, tetapi pada saat permainan dimulai, semua orang bergerak bebas secara acak, jadi Aku mulai mengikuti gerakan Yoo Jae Suk dan menjadi dikenal sebagai VJnya. Pemasangan VJ dan member tidak diputuskan secara strategis, tapi ada beberapa yang mempertimbangkan kebugaran tubuh. Misalnya saja, VJ yang merupakan pelari terbaik akan dipasangkan dengan ‘The Commander’ Kim Jong Kook, dan VJ yang paling lemah dalam kebugaran ditugaskan untuk memfilmkan member yang paling tidak aktif atau tamu wanita pada episode tersebut.

Q: Kami dengar bahwa kamu sengaja melakukan program penurunan berat badan sejak menjadi VJ Yoo Jae Suk.

A: Sebutan Jae Suk di ‘Running Man’ adalah ‘Yooruce Willis’. Ia seorang pelari yang cepat sehingga Aku perlu menjadi lebih bugar supaya dapat mengikutinya. Pada awalnya, Aku tidak dapat mengejar kecepatannya. Badanku besar, jadi Aku menjadi stress karena merasa memperlambat permainan. Aku juga mendengar beberapa kritik setelah menjadi objek beberapa artikel. Jae Suk adalah pemain utama di ‘Running Man’, jadi Aku berasa di bawah tekanan untuk melakukan peranku dengan baik. Karena itu aku memutuskan ikut fitness dan mengurangi berat badan. Aku kehilangan sekitar 7-8 kg tetapi karena banyaknya pekerjaan belakangan ini, beratku bertambah sedikit.

Q: Sepertinya VJ akan otomatis berteman baik dengan member pasangannya setelah mengalami berbagai peristiwa bersama sebagai tim.

A: Jae Suk memiliki sifat ramah dan peduli yang natural dalam dirinya, jadi Ia memperhatikanku dengan sangat baik. Saat semua orang mulai berlari, Ia memberiku air dulu. Dibandingkan program lain, Aku pikir kami lebih dekat dengan member ‘Running Man’. Beberapa waktu yang lalu Aku tidak dapat menghadiri shooting karena saudara perempuanku menikah, dan aku dengar Jae Suk sangat penasaran. Saat Ia mengetahuinya kemudian, Ia berkata “Aku harusnya mengirim karangan bunga atau sesuatu”, dan perkataannya membuatku sangat berterimakasih.

Q: VJ ‘Running Man’ tidak hanya memfilmkan suatu episode, tapi juga berkolaborasi dengan para member dalam program. Daripada menjadi dekat dengan para member, kelihatannya para VJ harus bekerja ekstra keras untuk menampilkan adegan ‘asli’.

A: Aku rasa hasil yang lebih baik akan keluar saat Aku berpartisipasi secara aktif dalam game. Secara pribadi, Aku bekerja keras bersama para member. Aku sering mengobrol dengan mereka. Saat ada kejadian lucu, Aku tertawa terbahak-bahak; saat itu mengagetkan, aku ikut kaget. Biasanya aku bereaksi apa adanya.

Q: Kapan pertama kali Anda tertarik menjadi VJ? Apakah kamu memiliki pengalaman terdahulu sebelum memulai pekerjaanmu?

A: Sudahsekitar 3 tahun dan 6 bulan sejak pertama kali Aku memegang kamera. Videojurnalism bukan suatu bidang yang terkenal dan Aku lulusan seni kuliner, jadi Aku tidak punya bayangan akan terjun ke bidang ini. Ayahku yang bekerja di bidang yang terkait dengan broadcast menyarankan untuk mencoba posisi ini. Awalnya, aku tidak menikmatinya, tetapi seiring berjalannya waktu, aku menjadi lebih bahagia di bidang ini.

Q: Mungkin bekerja sebagai VJ menghasilkan banyak pengalaman baru dan menarik, adakah perlakuan buruk karena profesimu?

A: Tiap pekerjaan pasti ada rintangannya, jadi Aku tidak merasa bekerja lebih berat dari yang seharusnya. Bagaimanapun, ada beberapa kesulitan karena cuaca yang tidak mendukung. Meskipun kami sudah mempersiapkan dan mendouble-check semuanya, ada banyak faktor sehingga kami banyak menghadapi situasi yang tidak terduga. Secara pribadi, Aku rasa cuaca adalah hambatan utama. Berlari sampai dehidrasi, tangan yang beku, atau gigitan serangga adalah hal biasa. Aku pernah harus masuk ke air di awal musim semi untuk adegan yang akan ditayangkan pada musim panas.

Q: Tampaknya sifat Anda yang menikmati situasi sulit sangat cocok dengan profesi sebagai VJ. Kami menantikan karya selanjutnya!

A: Ada banyak VJ luar biasa yang tidak hanya bekerja di variety show, tetapi juga di program lain. Tiap program punya keunikannya masing-masing, jadi Aku sangat berhati-hati saat disorot sebagai representative para VJ. Masih banyak VJ yang lebih baik dariku dan VJ ‘generasi pertama’ juga masih aktif di dunia broadcast. Walaupun masih harus belajar banyak, Aku bangga profesiku mendapat banyak perhatian karena Aku. Jadi aku berjanji pada diriku sendiri untuk bekerja lebih keras dan mengeksplorasi berbagai genre dan program yang berbeda. Aku ingin menjadi VJ yang menangkap banyak momen-momen menarik dan menyentuh serta berteman dengan para member di suatu program, siapapun itu.

 

Ryu Kwon Ryeol ssi, fighting! \(^o^)/

 

Source: Lady Kyunghyang via Naver

Credit : allkpop

Trans by : siaisice @RM Indo